Perempuan Meksiko dalam Frida
Frida Kahlo, sebagai seorang pelukis dari Meksiko memang sangatlah menawan. Hal tersebut terlihat jelas dalam film yang berjudul namanya sendiri yaitu Frida yang diangkat dari sebuah novel yang judulnya pun sama.

Jika dalam novel, sudut pandang yang digunakan adalah adik dari Frida, maka, dalam film yang dibintangi oleh Salma Hayek, sudut pandang yang digunakan adalah Frida sendiri sebagai tokoh utama dalam cerita.

Salma Hayek dalam film ini sangat menawan dan sangat bisa memerankan seorang Frida. Hingga akhirnya penonton dapat bergumam sendiri dan menyatakan kekaguman, ”oh, Frida itu seperti ini.”

Awalnya, terdapat keraguan akan kemenarikan dari film ini, sering kali penonton dibuat terlalu merasa intens dengan cerita-cerita yang bermula dari biografi tokoh, seperti Into The Wild atau The Hours. Namun, Julie Taymor, berhasil mengemasnya dengan manis, menarik, menawan, dan tidak perlu merasa intens untuk menontonnya. Yang menarik juga, banyak sekali lukisan-lukisan Frida dan Diego Rivera, sang suami, yang ditampilkan dalam film tersebut. Tentu, kemujuran ini menambah wawasan kita mengenai dunia lukis-melukis.

Imajinasi Frida yang unik pun dibuat nyata oleh Julie Taymor, seperti misalnya menganggap bahwa Diego Rivera sebagai seorang King Kong, atau perjalanan Frida-Diego menuju New York yang ditunjukan dengan kolase-kolase hitam-putih, khas pada zamannya.

Pesan yang terkandung di dalamnya pun sangat terasa oleh penonton, khususnya yang menyukai perjuangan seorang perempuan, kisah-kasih sepasang kekasih akan makna kesetiaan, penghargaan terhadap hasil karya orang lain, atau ideologi politik yang berbau komunis.

Juga, yang perlu ditekankan adalah Frida merupakan perempuan keturunan Meksiko dan Jerman, namun, baginya, hanya darah Meksiko mengalir deras dan terepresentasi dalam kehidupannya, seperti misalnya cara berpakaian. Keunikannya pun membuat dirinya menjadi sampul majalah Vogue. Kecintaannya akan negaranya membuat penonton tertegun dan menimbulkan pertanyaan di kepala, seberapa intenskah kita mencintai negeri sendiri?

Frida Kahlo memang tak pernah selesai untuk dibahas. Namun, film Frida ini setidaknya bisa menjadi sebuah khazanah pengetahuan yang baru untuk anda bagi yang sama sekali belum mengenal dirinya. Kita pun tidak akan merasa rugi menontonnya, karena semuanya tersaji dengan tepat sebagaimana novel yang mengisahkan biografinya.

Frida, menawan!
0 Responses